Menganalisis Kekurangan Instagram Dalam Mendukung Proses Bisnis

08:56

Koleksi smartphone terbaru yang beredar di pasaran memang selalu berhasil membuat kita jadi tergiur. Termasuk koleksi smartphone di situs MatahariMall. Toko online yang satu ini memang selalu sigap menyiapkan smartphone terbaru untuk para pelanggannya, Sehingga kita hanya perlu mengunjungi situs MatahariMall untuk mendapatkan smartphone terbaru serta barang-barang kebutuhan lainnya.

Berbicara soal smartphone rasanya belum lengkap jika belum membahas Instagram. Media sosial yang dapat diakses melalui smartphone ini semakin sering digunakan untuk mendukung proses bisnis. Namun bukan berarti Instagram tidak punya kekurangan ketika digunakan untuk berbisnis lho. Kira-kira apa saja kekurangan tersebut?

Instagram Sponsored Ads Bisa Menjadi Alternatif Promosi
(Sumber: www.sonicorp.ca)

Ukuran Foto yang Terlalu Kecil
Setiap foto yang di-posting di Instagram akan diterjemahkan dalam ukuran gambar yang lebih kecil. Sehingga hal ini dapat menyebabkan detail foto produk jadi kurang efektif. Rupanya media sosial lain seperti Facebook lebih efektif untuk menyimpan foto-foto produk dalam ukuran yang besar.

Fitur Hashtag Tak Selamanya Efektif
Banyak pebisnis yang menganggap bahwa fitur hashtag pada Instagram akan memudahkan calon pelanggan untuk menemukan produknya. Padahal kenyataannya hashtag juga bisa membuat produk kita tertimbun jika banyak yang menggunakan hashtag yang sama. Akibatnya, kita harus lebih rajin melakukan posting Instagram untuk memastikan bahwa produk kita tetap ada pada deretan teratas dalam pencarian hashtag.

Persaingan Online Shop Semakin Ketat
Karena menggunakan Instagram sangat mudah, tak mengherankan jika banyak online shop yang bermunculan di media sosial ini. Sehingga persaingan bisnis di Instagram terasa semakin ketat saja. Kita butuh hal yang unik dari segi produk dan penyampaian informasi supaya bisnis kita jadi lebih mudah diingat oleh para pengguna Instagram.

Cara Promosi yang Keliru
Instagram memang bukan media untuk bisnis. Jadi tidak mengherankan bila tak banyak fitur yang mendukung proses promosi. Ada banya online shop yang gemar berpromosi dengan cara berkomentar di akun selebgram atau pengguna Instagram yang memiliki banyak followers. Meski dianggap sebagai cara promosi yang efektif, tentu saja cara tersebut akan membuat pengguna Instagram lainnya jadi merasa terganggu.


Menggunakan Instagram untuk mendukung proses bisnis tentu tidak salah. Namun untuk memaksimalkan promosi bisnis, alangkah baiknya jika kita mengombinasikan penggunaan Instagram dengan media lainnya. Jadilah pebisnis modern sekaligus pengguna Instagram yang bijak agar bebas dari kesan annoying.

You Might Also Like

1 comments

  1. Setuju, Instagram memang bukan peruntukkan nya untuk media jualan #instagramjustforfun :))

    ReplyDelete