Tips Seleksi Administratif BPI LPDP

23:39

Sebenarnya nama resmi beasiswa yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan adalah Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) tapi kemudian lebih populer dengan sebutan LPDP saja. BPI dibagi menjadi program reguler dan afirmasi untuk daerah 3T (tertinggal, terluar, terdepan) di Indonesia.

Secara umum dokumen yang dibutuhkan untuk proses administrasi adalah:
-surat pernyataan bermaterai
-surat rekomendasi
-KTP
-ijasah
-transkrip nilai
-hasil TOEFL/IELTS/TOEIC
-SKBS, SKBN dan SKBTBC (apabila ke luar negeri)
-LOA (jika ada)
-3 essay.

MENCARI UNIVERSITAS
LPDP mengharuskan untuk memilih universitas tujuan sebelum mendaftar. Meskipun ketika sudah menjadi awardee masih bisa berpindah, lebih baik pilih yang sesuai kemampuan karena perpindahan hanya diizinkan ke universitas yang peringkatnya lebih unggul, contohnya di QS World University Ranking. Jadi lebih baik daftarkan pilihan kedua yang syaratnya lebih mudah, toh semuanya sudah masuk 200 universitas terbaik dunia.

Untuk mempermudah proses pencarian universitas di luar negeri, Anda bisa membuat variabel-variabel sebagai batasan. Misalnya hanya yang terdapat pada list LPDP (sangat penting) atau hanya di negara tertentu. Setelah itu pencarian bisa dibantu dengan menggunakan FindAMasters menggunakan kata kunci jurusan yang diminati, course type (berdasarkan gelar), dan study type (full time), Info lebih lanjut mengenai struktur mata kuliah beserta syarat pendaftaran bisa dilihat di website masing-masing universitas.

Kalau universitas tujuan yang diinginkan tidak ada dalam daftar namun memiliki rank jurusan yang sangat bagus atau memiliki bidang kajian yang spesifik, tetap pilih universitas yang terdaftar kemudian baru mengajukan pindah universitas saat sudah lolos seleksi. Jangan berargumen saat proses wawancara karena proses ini baru bisa dilakukan saat sudah berstatus awardee dan prosesnya pun masih panjang (bisa jadi permintaan tidak dikabulkan). Untuk mengurus perpindahan awardee perlu memiliki surat rekomendasi dari profesor di bidang studi yang menyatakan kredibilitas universitas tujuan walaupun tidak termasuk 200 universitas terbaik dunia dan juga surat rekomendasi alumni universitas tujuan.


Karena beasiswa LPDP dibiayai negara, pemilihan jurusan menjadi penting karena harus sesuai dengan prioritas dan kebutuhan di Indonesia. Beberapa alasan yang sering digunakan adalah karena spesifikasi belum ada di Indonesia, jurusan memiliki peringat tertinggi, dan kebutuhan akan jurusan meningkat sedangkan ahli masih minim. Semakin bawah prioritas suatu jurusan, semakin besar tantangannya.

Bidang prioritas LPDP (berurutan):
1. teknik,
2. sains
3. pertanian
4. kelautan dan perikanan
5. kedokteran dan kesehatan
6. akuntansi dan keuangan
7. hukum
8. agama
9. pendidikan
10. sosial
11. ekonomi
12. budaya, seni dan bahasa.

Apabila jurusan yang dipilih sudah banyak di Indonesia, ditambah sudah terakreditasi dengan baik pula, harus siap dengan penjelasan logis. Gunakan alasan dari segi manfaat bagi masyarakat Indonesia, bukan alasan pribadi seperti 'saya mampu dan layak.' Kalau sampai di langkah ini Anda belum yakin dengan jurusan yang diinginkan, ada baiknya pilih jurusan lain. Karena kita yang harus menyesuaikan diri dengan LPDP, bukan sebaliknya. :)

TES TOEFL/IELTS
Tes yang sangat penting karena walaupun memilih universitas di dalam negeri, LPDP tetap membutuhkan skor tertentu. Persiapkan dari jauh-jauh hari karena tes tidak dilaksanakan setiap minggu, bisa satu atau dua kali dalam sebulan, belum lagi ditambah antriannya.

Apa perbedaan TOEFL dan IELTS? Test TOEFL menguji kemampuan tata bahasa (grammar) sedangkan IELTS menguji kemampuan praktik berbahasa (ada wawancara dan penulisan essay). IELTS lebih banyak diterima di berbagai universitas namun biayanya paling mahal. TOEIC dan TOEFL ITP paling praktis dan paling murah. Bisa digunakan untuk mendaftar LPDP tapi sayangnya banyak univeritas luar negeri yang tidak menerima.

Persyaratan Bahasa Inggris LPDP (luar negeri):
IELTS 6.5 (biaya USD 195)
TOEFL IBT/Internet Based Test 79 (biaya USD 175)
TOEFL ITP/Institutional Test Program 550 (biaya sekitar IDR 500.000)
TOEIC 750 (biaya sekitar IDR 500.000)

Skor TOEFL Prediction bisa lolos proses submit, tapi akan gagal seleksi administratif. Saat ini jika skor masih kurang sistem akan otomatis menolak. Jika negara tujuan bukan negara berbahasa Inggris (contohnya Jerman atau Jepang) perlu tambahan sertifikat bahasa negara tujuan.

MEMBUAT SURAT REKOMENDASI
Dalam Buku Panduan tertulis bahwa pemberi rekomendasi adalah tokoh masyarakat yang berkaitan dengan bidang studi tujuan sekaligus mengenal kita dengan baik. Sebagian besar pendaftar memilih dosen pembimbing atau atasan untuk memberi rekomendasi. Tips dalam membuat Surat Rekomendasi adalah buat bersamaan dengan References, jadi tidak perlu bolak-balik. References untuk universitas pun sebaiknya tidak mencantumkan universitas tujuan agar bisa dipakai mendaftar beberapa kali. Surat Rekomendasi untuk LPDP harus dibuat sesuai dengan format yang ada pada Buku Panduan (tautan di bawah).

MENDAFTAR UNIVERSITAS
Banyak orang ragu untuk mendaftar universitas sendiri dan memilih untuk menggunakan jasa konsultan pendidikan. Tapi saya tidak menyarankan hal ini karena pilihan universitas terbatas dan beberapa membutuhkan deposit yang baru akan dikembalikan setelah kita diterima di universitas pilihan. Apabila tidak diterima dan tidak ada cadangan universitas yang sesuai, dana akan hangus.

Awalnya saya juga khawatir karena terbiasa bermasalah dengan sistem administrasi di Indonesia, tapi kekhawatiran saya tidak terbukti. Pendaftaran sangat lancar, tinggal mengisi formulir dan mengunggah dokumen saja. Pengalaman saya ketika bertanya lewat email pun responsnya cepat. Dengan mendaftar sendiri kita juga bisa mendaftar ke banyak unversitas sekaligus. Kalau ada biaya pendaftaran jangan lupa menyimpan struk untuk proses reimburse.

Secara umum dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran universitas di luar negeri adalah:
-personal statement
-2 references
-hasil TOEFL/IELTS
-scan ijasah dan transkrip yang telah diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah (di ITB bisa langsung ke TU Fakultas)
-portfolio atau contoh karya tulis (jurusan tertentu).

Selang 2 minggu setelah mendaftar saya mendapat Offer Letter atau bisa juga disebut Letter of Acceptance (LOA). Prosesnya sangat cepat. Ada 2 kondisi LOA yaitu Unconditional (tanpa syarat) dan Conditional (bersyarat). Biasanya LOA Conditional dikarenakan syarat kemampuan Bahasa Inggris masih kurang atau belum membayar uang pangkal. Tapi inti dari kedua kondisi LOA adalah sama-sama sudah diterima di jurusan tersebut.

Mengingat penilaian beasiswa LPDP yang semakin ketat sangat disarankan untuk mengurus LOA jauh-jauh hari agar timing-nya pas dan bisa dibawa saat wawancara. Bahkan ada kabar yang mengatakan pendaftar LPDP di periode selanjutnya harus sudah memiliki LOA.

MEMBUAT SKBS, SKBN, SKBTBC
Pengalaman saya mengurus ketiga surat ini di RS Hasan Sadikin Bandung cukup mudah. Pendaftaran dan pemeriksaan dilakukan di Lantai 4 Gedung Cardiac Diagnostic Center (gedung baru). Petugas RS sudah paham apabila kita menyampaikan keperluan surat untuk LPDP. Total keseluruhan biaya yang dibutuhkan sekitar 250-300 ribu. Alternatif lain bisa juga membuat surat di Dinas Kesehatan dengan biaya lebih murah.

Surat Keterangan Berbadan Sehat (SKBS) diperoleh melalui pemeriksaan standar seperti tinggi, berat, tekanan darah, dan riwayat penyakit. Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) diperoleh dari hasil pemeriksaan urine di lab yang memiliki reaksi negatif terhadap 6.golongan narkoba. Konsultasikan dulu apabila sedang minum obat tertentu. Saya sempat harus mengulang tes karena mengkonsumsi obat migraine yang mengandung diazepam. Jarak antara minum obat dan pemeriksaan perlu diatur. Terakhir, Surat Keterangan Bebas TBC (SKBTBC) diperoleh melalui pemeriksaan x ray thorax.

Untung yang sedang bekerja luangkan waktu 2 hari untuk melakukan tes ini. Walaupun prosesnya cepat kadang antrian bisa padat. Jam buka mulai 08.00 sampai 12.00 saja.

MEMBUAT SKCK
Dokumen yang diperlukan adalah fotokopi KTP, fotokopi KK, dan 3 pas foto 4x6 dengan latar belakang merah. Pembuatan harus di kantor polisi sesuai kota yang tercantum di KTP. Jangan telat karena pelayanan hanya di hari kerja dan biasanya sampai jam 1 siang. Setelah menyerahkan kelengkapan, mengisi formulir, dan cap jari SKCK langsung dapat diambil pada hari itu juga. Biaya pembuatan SKCK gratis tapi saya sempat diminta 'biaya cap jari seikhlasnya.'

MEMBUAT ESSAY
Saat blogwalking mengenai LPDP jarang sekali ada yang membahas mengenai essay. Padahal menurut saya essay adalah faktor yang sangat penting karena informasi yang diterima pewawancara seluruhnya berasal dari sini. Apabila essay tidak lengkap atau tidak nyambung (koheren), tentu akan menyulitkan proses wawancara. Jadi sebisa mungkin buatlah essay yang fokus dan dapat menjawab pertanyaan yang kira-kira akan diajukan saat wawancara.

Sebetulnya pada buku panduan sudah ada poin-poin apa saja yang harus disampaikan, tapi yang menjadi tantangan adalah menyelaraskan ketiga essay agar saling mendukung. Selaraskan pelajaran yang Anda peroleh di rencana studi menjadi sebuah cita-cita atau kontribusi jangka pendek yang dapat langsung dilakukan pasca kelulusan. Ingat bahwa LPDP adalah investasi dan mereka butuh jaminan. Cita-cita ingin mendirikan sekolah di daerah terpencil tentu saja mulia, tapi apa bisa langsung dilakukan setelah lulus? Apa perlu S2? Bukankah lebih baik langsung terjun seperti Butet Manurung?

Ilustrasi lain, seseorang ingin memajukan pertanian di Indonesia. Disini dia bisa melakukan 3 hal: memperbaiki sistem distribusi hasil pertanian, menemukan bibit unggul, atau memperbaiki kondisi tanah yang tidak subur agar produktif. Dari ketiga tujuan jangka pendek tersebut akan mempengaruhi jurusan yang dipilih. Kemudian ia dapat menulis pengalaman bekerja sosial dengan petani di desa sebagai kesuksesan untuk membuktikan keseriusan dan kesinambungan.

Contoh essay saya dapat diunduh disini (log in, klik share lalu download). Essay hanya sebagai gambaran, jangan coba-coba untuk copy paste.

MELENGKAPI & MENGIRIM DOKUMEN
Setelah dokumen lainnya selesai, tinggal menyiapkan beberapa dokumen pribadi. Yang pertama adalah Surat Pernyataan. Surat ini diprint, diberi materai, ditandatangani, kemudian discan. Dokumen kedua adalah Surat Izin Belajar dari atasan bagi yang bekerja. Surat ini sangat dibutuhkan terutama untuk PNS.

Tahap terakhir adalah melakukan pendaftaran online di website. Panduan pendaftaran ada di tautan dokumen penting di bawah. Pastikan internet stabil dan tidak dilakukan di waktu mepet penutupan pendaftaran. Sudah banyak kasus error karena website terlalu banyak mendapat pengunjung di hari-hari mendekati penutupan. Setelah mengisi formulir akan ada halaman untuk mengunduh dokumen pelengkap dan essay. Kalau sudah yakin tidak ada kesalahan jangan lupa klik kirim formulir pendaftaran. Sebelum formulir dikirim formulir masih dapat diedit kembali.

PENGUMUMAN
Pengumuman tidak pernah terlambat dari hari yang dijadwalkan, tapi biasanya memang dilakukan pada sore menjelang malam hari. Pengumuman dilakukan via email masing-masing peserta. Selain itu kita juga bisa mengecek status pada website pendaftaran.

Jika lolos tahap selanjutnya adalah seleksi substantif yang dilakukan secara face to face. Selengkapnya bisa dibaca disini. Apabila gagal di tahap administrasi tidak ada batas kesempatan untuk mengirim berkas kembali di batch berikutnya.

DOKUMEN PENTING
Buku Panduan Pendaftaran Beasiswa
Buku Panduan Pendaftaran Online
FAQ Beasiswa
Jadwal Beasiswa LPDP 2016
Daftar Perguruan Tinggi Tujuan

You Might Also Like

1 comments

  1. membantu sekali kak :D
    Salam kenal dari Padang.
    Sukses selalu yak Kak :)

    ReplyDelete