Sejarah Seni Rupa untuk Pemula

14:47



Bulan kemarin saya berkesempatan untuk memborong buku di Big Bad Wolf Book Sale Indonesia. Salah satu buku yang saya beli berjudul 50 Art Ideas You Really Need to Know oleh Susie Hodge.

Saya pernah menjadi mahasiswa di Fakultas Seni Rupa dan Desain, tetapi saya tidak pernah mendapat kesempatan untuk mendalami bidang seni sehingga saya harus belajar secara mandiri. Bagi saya seni sangat penting karena seni dapat menggambarkan kondisi peradaban dan bagaimana dunia bekerja sepanjang dekade. Memahami seni sama dengan memahami sejarah dengan cara yang lebih menarik dikarenakan visualnya yang memukau. Sebagai seorang pemula, buku ini berhasil menjadi pemandu yang baik.

Buku ini menggarisbawahi 50 pemikiran di dunia seni dimulai dari asalnya, seni kuno, sampai seni kontemporer. Seorang art connoisseur profesional mungkin mengatakan bahwa ada lebih dari 50 pemikiran di luar sana, tetapi penulis berhasil memilih 50 pemikiran yang paling menarik. Rangkumannya dapat dilihat pada presentasi di bawah ini.
Walaupun pemikiran ini ditampilkan secara linear, beberapa pemikiran tumpang tindih antara satu dan lainnya. Ini bisa disebabkan perbedaan pergerakan seni yang terjadi di beberapa negara atau lebih dari satu pergerakan berlangsung secara bersamaan. Meskipun begitu pergerakan tersebut hampir selalu dimulai sebagai respons atas pergerakan sebelumnya yang dianggap 'salah' dan tren terus berganti sesuai dengan kepercayaan religius, penemuan ilmiah, serta kondisi sosial, ekonomi, dan politik yang berlangsung. Contohnya pergolakan agama (byzantine art), penggunaan mesin cetak (early renaissance), reformasi protestan (mannerism), penemuan kota Pompeii (neoclassicism), revolusi industri (impressionism), teori Sigmund Freud (surrealism), the great depression (social realism), dan perang dingin (action painting).

Buku ini menunjukkan bahwa tidak ada pergerakan seni yang sempurna. Setiap pergerakan dianggap benar atau baik pada masanya. Orang dapat berkarya untuk dirinya sendiri mengekspresikan emosi, mempengaruhi orang lain dengan karya seni berlatar isu sosial, atau memancing kontemplasi dengan karya penuh simbolisme yang masing-masing menarik bagi apresiator yang berbeda. Tidak perlu diperdebatkan.

Hal lain yang saya sukai dari buku ini adalah buku hadir dalam berbagi seri. Jika seni tidak memuaskan rasa keingintahuanmu, seri buku ini meliputi subjek yang luas seperti arsitektur, ekonomi, perang, literatur, filsafat, alam semesta, dan sejarah dunia.

***

BUKU
50 Art Ideas You Really Need To Know
Susie Hodge
Quercus
2011

You Might Also Like

0 comments